Selibat untuk para imam
Di Gereja Katolik Roma, para imam dan uskup harus menjalankan selibat sebelum dan sesudah ditahbiskan, sedangkan diakon hanya boleh menjalankannya setelah ditahbiskan. Di Gereja Ortodoks Rusia, diakon dan imam harus menjalankan selibat hanya setelah ditahbiskan, yang berarti mereka dapat menikah.
Namun, jika istri mereka mendahului mereka, diakon dan imam Ortodoks tidak diizinkan untuk menikah lagi. Juga di Gereja Ortodoks, para uskup harus menjadi biarawan dan mereka, bagaimanapun, harus hidup selibat sebelum dan sesudah penahbisan mereka.
Salib Kristen tidak menggunakan patung Yesus (korpus)
Berbeda dengan salib agama Katolik, Salib agama Kristen Protestan dikenal dengan salib yang polos. Bentuknya kayu bersilang tanpa terlihat patung Yesus (korpus). Salib ini juga disebut sebagai salib Latin.
Alasan mengapa korpusnya dihilangkan adalah karena agama Kristen Protestan menentang adanya patung yang dianggap sebagai berhala.
Melansir Crosswalk, salib memiliki banyak arti. Salib melambangkan cinta dan pengampunan. Sebagaimana yang diketahui umat Kristiani, Yesus disalib karena rasa cinta dan pengorbanannya pada manusia meskipun menusia berdosa.
Yesus rela menebus dosa manusia dengan disalib. Yesus mati untuk orang berdosa. Seperti yang diajarkan melalui kitab Roma 5:8,
Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa
Selain melambangkan cinta dan pengampunan, salib juga merupakan bentuk kerendahan hati yang disengaja. Manusia diingatkan kembali kitab Galatia 2:20-21, yang berbunyi
Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.
Itulah perbedaan antara salib agama Kristen dan Katolik, Bela. Pelajaran apa yang pernah kamu petik dari salib agama Kristen dan Katolik?
Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Perbedaan Salib Kristen dan Katolik, Serupa tapi Tak Sama" ditulis oleh Adyaning Raras Anggita Kumara
“Apa yang langsung menarik perhatian ketika memasuki sebagian besar gereja Ortodoks adalah banyaknya ornamen berlapis emas, relik suci, ikon, lukisan dinding,” kata Erwann, seorang Prancis yang tinggal di Rusia. Tapi bukan hanya dekorasi yang kaya yang membantu membedakan gereja Ortodoks dari gereja Katolik. “Kemudian, ketidakhadiran bangku segera diperhatikan, yang di gereja-gereja Katolik menempati sebagian besar ruang. Di gereja-gereja Rusia, mereka biasanya hanya terletak di sepanjang dinding dekat pintu keluar,” kata Erwann.
Sangat menarik bahwa bangku-bangku di gereja Katolik ada hubungannya dengan beberapa kekhasan kebaktian gereja Katolik - dalam kebaktian Ortodoks, sebaliknya, bangku akan merepotkan. Di bawah ini kami menjelaskan perbedaan ini – dan perbedaan yang lebih jelas antara Katolik dan Kristen Ortodoks.
Saat ini, ada sekitar 1,34 miliar umat Katolik yang dibaptis di seluruh dunia (menurut statistik yang diberikan oleh Takhta Suci) dan sekitar 220 juta anggota Gereja Ortodoks Timur yang dibaptis (menurut BBC). Di yang terakhir, Gereja Ortodoks Rusia adalah gereja autocephalous (berpemerintahan sendiri) terbesar, yang terdiri lebih dari 112 juta anggota di seluruh dunia, sehingga menjadi yang kedua setelah Gereja Katolik Roma, dalam hal jumlah pengikut. Pada tahun 2021, Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (VCIOM) memperkirakan bahwa 66% orang Rusia adalah Kristen Ortodoks.
Alessandra Benedetti/Corbis via Getty Image/Sputnik
Umat Kristen Ortodoks menganggap Yesus Kristus sebagai kepala gereja, sedangkan Gereja Katolik Roma dipimpin oleh Paus, yang menggunakan gelar 'Vikaris Kristus'. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa Rasul Petrus menerima otoritas penuh dan mutlak atas seluruh Gereja dari Yesus Kristus. Kemudian, Petrus datang ke Roma dan menjadi uskup Roma yang pertama, setelah itu mengalihkan kekuasaan ini kepada penerus dan muridnya – para uskup Roma. Status Paus ini diwujudkan dalam konsep keutamaan Kepausan (di atas semua uskup lain dan tahta episkopal mereka) dan infalibilitas Kepausan. Gereja Ortodoks, sebaliknya, menganggap semua uskup dan uskup agung hanyalah manusia biasa yang dipanggil dan ditahbiskan untuk melakukan pelayanan keagamaan.
JAKARTA, Pena Katolik – Sepintas, Alkitab Katolik dan Protestan terlihat sama, dengan kitab-kitab dasar yang sama dikumpulkan bersama dalam satu volume. Namun, jika dilihat lebih dekat, Alkitab Protestan kehilangan beberapa kitab yang termasuk dalam Alkitab Katolik.
Pertama, orang-orang Kristen tidak memiliki satu pun volume teks yang diilhami selama kira-kira 300 tahun pertama. Penciptaan dan kompilasi Alkitab adalah proses yang panjang. Para pemimpin Gereja mula-mula menyaring banyak manuskrip dan membedakan, menggunakan beberapa kriteria historis, doktrinal, dan teologis yang berbeda, kitab mana yang harus disimpan dan dimasukkan dalam kanon, dan kitab mana yang harus disisihkan.
Perjanjian Lama sebagian besar didasarkan pada terjemahan Yunani dari teks-teks Ibrani yang diterima secara luas sebagai terjemahan yang sah (dan bahkan diilhami). Ini dikenal sebagai “Septuaginta” (dari kata Yunani untuk 70) dan sangat populer di kalangan orang Yahudi berbahasa Yunani.
Persetujuan kitab-kitab mana yang akan dimasukkan dalam Perjanjian Baru dimulai dengan Konsili Laodikia pada tahun 363, dilanjutkan ketika Paus Damasus I menugaskan St. Jerome menerjemahkan Kitab Suci ke dalam bahasa Latin pada tahun 382, dan diselesaikan secara pasti selama Sinode Hippo (393) dan Kartago (397).
Tujuannya adalah untuk mengabaikan semua karya keliru yang beredar pada saat itu dan menginstruksikan Gereja-Gereja setempat tentang kitab-kitab mana yang boleh dibacakan dalam Misa.
Sebagai hasil dari sinode-sinode ini, Alkitab tetap tidak berubah sampai reformasi Protestan.
Setelah abad ke-16, setiap pemimpin Protestan utama memiliki interpretasi yang berbeda mengenai iman Kristen dan peran Alkitab. Ini mengarah pada proses di mana berbagai kitab dalam Alkitab dihapus karena “ketidaksesuaian” mereka dengan kepercayaan Protestan.
Selanjutnya, Protestan biasanya menggunakan daftar kitab-kitab Perjanjian Lama yang disetujui oleh para sarjana Ibrani di kemudian hari, mungkin pada abad ke-2 atau ke-3 Masehi. Katolik, di sisi lain, menggunakan Septuaginta Yunani sebagai dasar utama untuk Perjanjian Lama.
Ini berarti bahwa Alkitab Protestan hanya memiliki 39 kitab dalam Perjanjian Lama, sedangkan Alkitab Katolik memiliki 46. Tujuh kitab tambahan yang termasuk dalam Alkitab Katolik adalah Tobit, Judith, 1 dan 2 Makabe, Kebijaksanaan, Sirakh, dan Baruch. Kanon Katolik juga mencakup bagian dari Kitab Ester dan Daniel yang tidak ditemukan dalam Alkitab Protestan.
Beberapa Alkitab Protestan masih memasukkan kitab-kitab ini, sementara yang lain tidak. Karena ada banyak denominasi Protestan di seluruh dunia, daftarnya bervariasi sesuai dengan praktik masing-masing gereja Kristen.
Sekang Wikipedia, Ensiklopedia Bebas sing nganggo Basa Banyumasan: dhialek Banyumas, Purbalingga, Tegal lan Purwokerto.
Kiye daftar Paus Gereja Katolik Roma:
Daftar Paus Gereja Katolik Roma
Perersamaan Dan Perbedaan Gereja Katolik Dan Gereja Protestan
Kemarin, 20 Juni 2023 saya mendapat sebuah info yang cukup mengejutkan. Melalui WA, seorang ibu memberitahukan bahwa anaknya yang selama ini mendapatkan dana ASAK Gregorius (Ayo Sekolah-Ayo Kuliah), sudah menyatakan diri untuk keluar dari Gereja Katolik. Anaknya sudah dibaptis beberapa waktu yang lalu di salah satu gereja Kristen Protestan. Dari informasi yang saya peroleh ini, sempat saya bertanya lanjut pada ibunya, mengapa begitu gampang tergoda untuk masuk Protestan? Jawaban dari ibunya bahwa itu sudah menjadi panggilan. Panggilan? Saya mencoba merenung sejenak, model panggilan seperti apa yang diterima oleh anaknya itu.
Secara pribadi tentu keputusan ini mengecewakan saya dan teman-teman pengurus ASAK yang selama ini berjuang untuk menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas. Saya cukup tahu kondisi ekonomi keluarga yang rapuh karena hantaman Covid. Atas kondisi ekonomi yang lemah inilah maka saya memberanikan diri untuk mengikutsertakan anaknya ke ASAK Gregorius. Menurut pengakuan ibunya bahwa ASAK sangat membantu anaknya untuk meringankan beban keuangan keluarga. Jerih payah para pengurus ASAK ini berakhir dengan kekecewaan karena anaknya lebih memilih gereja lain ketimbang Gereja Katolik.
Peristiwa yang dialami oleh salah satu anggota ASAK menggugah saya untuk berdiskusi dengan salah seorang pengurus PSE Paroki Kutabumi. Menurut pantauannya bahwa banyak umat Katolik, sejak pandemi mulai mencari gereja lain (Gereja Kristen Protestan) untuk beribadah. Tak hanya kegiatan doa dan ibadah saja yang dicari tetapi juga tawaran bahan kebutuhan pokok menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Cukup banyak orang Katolik tetap bertahan sebagai umat Katolik tetapi juga mengikuti kegiatan di gereja Prostestan. Mereka bermain “dua kaki” untuk mendulang bahan kebutuhan hidup. Dari obrolan ini memunculkan sebuah pertanyaan. Begitu gampangnya orang Katolik berpindah ke agama lain hanya karena diiming-iming sembako dan kebutuhan lain?
Dari penuturan lepas dengan beberapa orang, banyak orang, baik Katolik maupun Kristen Protestan menganggap sama antara kedua agama ini. Pemahaman yang minim ini akan memberikan dampak yang kurang baik pada penerapan hidup keagamaan. Apa bedanya antara agama Katolik dan Kristen Protestan?
Harus dipahami perbedaan mendasar secara teologis antara Katolik dan Protestan. Marthin Luther (1483-1546) menjadi tokoh penting karena berhasil memisahkan diri dengan Gereja Katolik dan mendirikan gereja sendiri. Beberapa catatan sederhana ini mungkin membantu pembaca untuk memahami perbedaan mendasar dan tidak lagi memandang sama kedua agama ini.***(Valery Kopong)
Agama Kristen Protestan dan Katolik merupakan dua agama yang dianggap sama, namun sebenarnya berbeda. Ada banyak hal yang membedakan kedua agama tersebut, namun salah satu perbedaanya juga terletak pada salib Kristen dan Katolik.
Meskipun sekilas nampaknya sama, sebenarnya ada berbagai perbedaan dan jenis salib yang membedakan kedua agama ini.
Nah, bagaimana cara membedakan salib Kristen dan Katolik? Simak, yuk perbedaannya berikut ini.
Interior berbeda dari gereja yang sebenarnya
Monashee Frantz/Getty Images; Ekaterina Rehrberg/Sputnik/Sputnik
Anda dapat langsung mengetahui apakah Anda berada di gereja Katolik atau Ortodoks hanya dari bangku. Dalam tradisi Katolik, berlutut lama adalah bagian yang biasa dari doa, sedangkan dalam tradisi Ortodoks, membungkuk ke tanah sering dilakukan selama kebaktian. Karena itu, bangku-bangku dengan rak untuk berlutut muncul di kuil-kuil Katolik, sedangkan di gereja-gereja Ortodoks, ruang tengah dibiarkan kosong sehingga paroki dapat membuat busur ketika diperlukan.
Juga di kuil-kuil Katolik, altar terletak di kansel, dibagi dari nave oleh layar kansel, kurang lebih terbuka. Altar dapat dilihat dari aula gereja (bagian tengah). Di gereja-gereja Ortodoks, area tempat kudus dengan altar dipisahkan dari bagian tengah dengan ikonostasis - dinding ikon dan lukisan religius. Altar tidak dapat dilihat dari nave.
Pembaca yang budiman,
Situs web dan akun media sosial kami terancam dibatasi atau diblokir lantaran perkembangan situasi saat ini. Karena itu, untuk mengikuti konten terbaru kami, lakukanlah langkah-langkah berikut:
Ketika mengambil atau mengutip segala materi dari Russia Beyond, mohon masukkan tautan ke artikel asli.
Romo Yanto, O.Carm, tinggal di Filipina
Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Salib Katolik terdiri dari banyak variasi
Gereja Katolik dalam ritus Barat atau Latin di Indonesia memiliki beragam variasi salib Katolik. Salib yang dimaksud adalah salib dengan korpus dan salib tanpa korpus.
Dalam bahasa Latin, korpus artinya tubuh. Korpus menunjukkan patung Yesus di kayu salib atau representasi Yesus yang mati di atas kayu salib. Salib korpus juga juga disebut salib Latin karena merujuk pada ritus Barat.
Selain itu, ada juga salib Bizantin yang merujuk pada Kekaisaran Romawi Timur.
Pendeta Ortodoks berjanggut
Secara tradisional, para imam Ortodoks memakai janggut, karena “Imam tidak boleh mencukur rambut mereka atau mencukur ujung janggut mereka atau memotong tubuh mereka”, menurut Imamat, 21:5. Juga, Yesus Kristus digambarkan di mana-mana memiliki rambut panjang dan janggut dan semua raja dan nabi Alkitab memakai janggut. Namun, para imam Katolik tidak memakai janggut, karena kursi kepausan terletak di Roma dengan budayanya yang dicukur bersih.
Konstantin Mikhal'chevsky/Sputnik
Pada tahun 1570, Paus Pius V menetapkan bahwa umat Katolik harus melakukan tanda salib “dari kepala ke dada dan dari bahu kiri ke kanan”. Juga, tanda itu dilakukan dengan kelima jari tangan kanan disatukan – yang melambangkan lima stigmata Yesus Kristus: dua di tangan, dua di kaki dan yang kelima dari Tombak Suci.
Orang-orang Kristen Ortodoks Rusia melakukan tanda salib dengan tiga jari (ibu jari, telunjuk dan tengah) disatukan untuk melambangkan Tritunggal Mahakudus dan dua jari lainnya menempel pada telapak tangan untuk melambangkan sifat ganda (manusia dan ilahi) Yesus. Juga, tanda salib Ortodoks dilakukan dari bahu kanan ke kiri.
Alexander Demyanchuk/TASS
Dalam tradisi Ortodoks, Komuni Kudus diberikan kepada bayi sejak saat pembaptisan. Ini didasarkan pada Matius 19:14: “Yesus berkata, 'Biarkan anak-anak kecil itu datang kepada-Ku, dan jangan halangi mereka, karena kerajaan surga adalah milik orang-orang seperti ini'.” Sejak bayi dan sekitar usia tujuh tahun, mereka dapat menerima komuni sesering yang mereka suka dan tanpa pengakuan, karena diyakini bahwa sampai usia tertentu, bayi tidak bertanggung jawab penuh atas pikiran dan tindakan mereka, tetapi masih harus menerima Komuni. Anak-anak dibawa ke pengakuan dosa di gereja-gereja Ortodoks setelah usia 7-8 tahun.
Di Gereja Katolik Roma, Perjamuan Kudus pertama seorang anak biasanya dilakukan pada usia 8-9 tahun. Umat Katolik percaya bahwa anak tidak dapat menyadari pentingnya Sakramen sebelumnya, tidak dapat membedakan roti sederhana dari roti Ekaristi, tidak dapat memahami dan menjelaskan perbedaan antara makanan dan Komuni dan, oleh karena itu, tidak dapat mengaku sepenuhnya.
Nicolas Armer/picture alliance via Getty Images; Sergey Pyatakov/Sputnik
Dalam Katolik Roma, apa yang disebut 'azymes', roti tidak beragi, digunakan sebagai roti Ekaristi dalam Perjamuan Kudus. Keluaran, 12-15:20 menyatakan: “Jangan makan apa pun yang dibuat dengan ragi. Di mana pun kamu tinggal, kamu harus makan roti tidak beragi.”
Di Gereja Ortodoks Rusia, roti yang dibuat dengan ragi dipersembahkan selama Liturgi Ilahi (Ekaristi), yang didasarkan pada Imamat 7:13: “Seiring dengan persembahan syukur persekutuan mereka, mereka harus mempersembahkan persembahan dengan roti tebal yang dibuat dengan ragi." Kata Yunani untuk roti ini, prosphoron, berarti 'persembahan'.